Cara Menggunakan Android untuk Mencegah Hacking – Android selaku gadget yang paling sukses melambung di pasaran saat ini banyak memberikan kemudahan bagi kehidupan sehari – hari. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa sangat suka memakai handphone Android dalam kehidupan sehari – hari mereka seperti melakukan panggilan, SMS, browsing internet dan lain sebagainya. Mungkin juga sudah bukan rahasia lagi apabila handphone Android mempunyai banyak aplikasi mutakhir yang dimanfaatkan membantu aktifitas.

Beragam aplikasi inilah yang jadi titik point banyak orang lebih suka memakai gadget Android daripada yang lain. Namun walau secanggih apapun handphone Android pada akhirnya toh juga dapat terkena dampak hacking maupun terjangkit virus.

Cara Menggunakan Android untuk Mencegah Hacking

Cara Menggunakan Android untuk Mencegah Hacking

Jika gadget Android kamu terkena virus itu semua dikarenakan kurang kehati – hatiannya kamu dalam menjaga ponsel, seseorang baru akan sadar bahwa pentingnya menjaga Android mereka dari bahaya hacking dan juga virus setelah mereka merasakan sendiri kejadian tersebut.

Beberapa waktu lalu pun seorang Direktur Teknik untuk keamanan Android di Google bernama Andrew Ludwig menyampaikan bahwa status Android sebagai mobile platform terpopuler di dunia belum diimbangi dengan kesadaran penggunanya akan keamanan. Melalui konferensi video di kantor Google Indonesia Andrew Ludwig juga menambahkan mengenai tiga pilar kunci yang Google menggunakannya sebagai keamanan Android yaitu Robust Platform (pembersihan aktivitas mencurigakan), Comprehensive Services (memakai Google Play Protect) dan Ecosystem Guidance (update berkala).

Nah berhubung keamanan memakai Android harus dipupuk mulai saat kamu memakainya pertama kali maka mari kita simak kiat tips yang diberikan oleh Andrew Ludwig berikut ini:

Gunakan Fitur Lockscreen

Gunakan Fitur Lockscreen

Fitur Lockscreen hampir 50% handphone Android tidak mengaktifkannya, ada berbagai alasan mengapa orang enggan memakai fitur Lockscreen di dalam handphone mereka. Disampaikan jika Lockscreen adalah salah satu pelindung utama yang menghalangi seseorang mengakses handphone secara sembarangan tanpa ijin pemilik, dengan mengaktif Lockscreen maka pengguna Android paling tidak sudah membuat pertahanan pertama yang cukup kuat mengamankan gadget milikinya.

Pastikan Backup Data

Backup Data

Seorang perentas atau biasa disebut hacker di dunia internet memiliki skill yang berbeda – beda, oleh karena itu pengguna Android wajib waspada dengan selalu mencadangkan data – data penting mereka sehingga apabila terjadi hal – hal tak diinginkan kita sudah mempunyai data cadangan.

Download Aplikasi Hanya dari Store Resmi (Play Store)

Aplikasi Android tidak semuanya tersedia di Google PlayStore oleh karena itulah biasanya orang ketika tidak mendapati aplikasi yang mereka cari maka mereka pun mencarinya di tempat lain. Google tidak melarang penggunaan aplikasi yang tak berasal dari PlayStore, namun Google menyarankan agar pegguna Android lebih hati – hati dalam memilih tempat download aplikasi sehingga tak terjangkit virus berbahaya.

Aktifkan Google Play Protect dan Find My Device

Google Play Protect dan Find My Device

Dalam perkembangan fiturnya sekarang Google PlayStore sudah dilengkapi memakai Google Play Protect. Fitur Google Play Protect tersebut akan secara terus menerus mengawasi pergerakan aplikasi – aplikasi yang ada dalam handphone Android. Apabila dikira ada yang mencurigakan maka Google Play Protect secara otomatis bakal memberitahukan kepada kamu.

Walaupun tingkat jumlah virus yang setiap harinya meningkat, namun tak perlu cemas karena layanan yang diciptakan Ludwig dan timnya ini selalu melakukan update sistem keamanan terbaru.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Pengguna Android direkomendasikan melakukan verifikasi dua langkah pada semua layanan Google yang dimilikinya. Dengan memakai verifikasi dua langkah tersebut pengguna dapat jauh lebih aman dari masalah perentasan akun oleh hacker.

Ketika kita selangkah lebih aman dalam memakai Android tentunya itu dapat memberikan rasa lega, untuk itulah hendaknya mulai dari sekarang kamu harus lebih berhati – hati lagi dalam memakai gadget Android milik kamu dengan melakukan beberapa tips rekomendasi diatas.

Akhir kata semoga ulasan mengenai 5 Tips Aman Memakai Android untuk Mencegah Hacking dan Malware tadi bermanfaat dan memberi satu lagi peringkat pengetahuan baru bagi para pembaca semua. Jangan lupa di share agar lebih banyak membantu orang lain.

gimana cara menangani hp yang kena hack